Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Wednesday, August 10, 2016

Ciri Memori RAM yang Rusak

Ciri – ciri RAM yang rusak
1. Berbunyi apabila ingin mengganti booting
2. Berbunyi apabila mengganti slot
3. Pada kipas berbunyi “krek krek krek”
4. Komputer jadi sering restart sendiri
5. Jika menyalakan HDD LED , tetap menyala tetapi tidak dapat booting, lalu tidak terdapat suara lain selain kipas.
6. RAM yang rusak parah ( mungkin ) akan dideteksi oleh CPU dengan bunyi BEEP ERROR CODE, tapi RAM yg Rusaknya kira-kira 30 % ,akan lolos diuji hardware saat booting tapi akan error bila diguanakan utnuk melakukan penginstallan atau sering blue screen.

Cara mengecheck RAM yang rusak
1. Clear Cmos (mengembalikan bios ke default) dengan jumper Cmos atau copot baterai Cmos
2. Cek kabel dari monitor terpasang betul terpasang betul di vga port ato kaga

Memperbaiki RAM yang Rusak
Bunyi beep yang timbul ketika RAM bermasalah biasanya bunyi beep panjang 3x, tapi tergantung dengan kompi saudara. Hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menyembuhkan RAM yang tidak terdeteksi oleh PC adalah dengan cara membersihkan RAM yang tidak bisa dipakai tersebut dengan menggunakan penghapus pensil, tentu kalian sudah pada tau kan penghapus pensil, yaitu bahan yang terbuat dari karet. Gunanya untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada kaki RAM (gold finger) sehingga arus dapat berjalan dengan baik. Bila anda tidak mempunyai penghapus pensil anda dapat menggunakan kain, dengan cara digosok-gosokan sampai bersih, bila perlu gunakan minyak pembersih khusus yang sering digunakan oleh tukang servis komputer atau bisa juga menggunakan thiner. 

Nah, sekarang RAM tadi sudah bersih…Selanjutnya tinggal dipasang kembali ke slot memory yang ada di mobo, sekarang coba tekan tombol power. Bila belum juga berhasil, sekarang coba anda siapkan avometer beserta baterenya. Tujuan kita selanjutnya adalah untuk menstimulasi RAM tersebut agar bangun kembali dengan cara mengalirkan listrik. Caranya arahkan skala ohm ke 1K, 10K, 100K, dll pokoknya terserah anda, letakkan ujung kabel yang berwarna hitam (-) ke salah satu kaki RAM (gold finger) dan kabel yang berwarna merah (+) digosokkan di kaki IC atau chipset yang terdapat di RAM biasanya berjumlam 8. Sekarang coba pasang kembali RAM tadi. Kalo tetap tidak bisa, sudah…Lho jadikan saja barang musium/museum.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi tips tentang trik Cara memperbaiki ram rusak / memory PC (SDRAM , DDRAM) yang sudah anda anggap mati (asal tidak mengalami kerusakan fisik yang parah ,misalnya terbakar atau hancur/patah), karena biasanya menurut yang saya lihat bila memory sudah di nyatakan mati oleh pemilik PC atau oleh teknisi komputer maka biasanya langsung saja di ganti dengan membeli memory yang baru, padahal masih ada kemungkinan memory tersebut di bikin hidup atau berfungsi lagi.

Berikut ini saya punya tips untuk menangani memory yang sudah di anggap mati tersebut berdasarkan pengalaman selama menggeluti dunia hardware , dengan akurasi dia atas 70 %, jadi misalnya anda memiliki 10 keping memory mati maka ada kemungkinan 7 keping masih bisa di selamatkan…cukup lumayan kan.? kita bisa menghemat uang beberapa ratus ribu utntuk perkepingnya.
Ok, langsung saja siapkan memory mati tersebut ,dan peralatan yang di perlukan adalah Avometer.
1. Bersihkan memory tersebut dengan cara menggosok pin-pin memory tersebut dengan kain dengan tujuan membersihkan, boleh juga di beri Tiner sedikit supaya lebih bersih dari debu, dan gesekan dengan kain tersebut juga akan memancing ion-ion pada pin memory menjadi tersimulasi agar konduktornya lebih aktif.
2. Arahkan skala Avometer pada Ohm (skala untuk mengukur hambatan), bebas boleh pada posisi 1K, 10K, 100K…
3. Ambil jarum negative (-) Avometer (kabel warna hitam) lalu tempelkan pada salah satu pin/kaki memory, dan jarum positive (kabel warna merah) gesekan pada pada kumpulan kaki-kaki IC/chipset memory ,bila memory memiliki 8 buah IC misalnya maka gesekan jarum (+) tersebut ke kaki-kaki 8 IC tersebut.
4. Selesai….silahkan coba pasang memory tersebut pada slotnya di Mainboard….!
Note:
Proses ini adalah memanfaatkan aliran arus listrik dari batere Avometer yang di alirkan ke dalam sirkuit-sirkuit IC/Chipset memory . Cara kerja proses ini adalah seperti halnya proses Clear CMOS pada Mainboard apabila Mainboard mengalami crash dan tidak mau hidup, yaitu terjadinya gangguan atau penyumbatan pada perjalanan arus listrik sehingga arus yang di
perlukan untuk untuk pengaktifan suatu system tidak terpenuhi….atau seperti ilustrasi orang yang pingsan atau koma lalu kita coba bangunkan dengan cara di pancing syaraf-syarafnya untuk aktif dan sadar dengan cara di siram air, di setrum..dsb

Mendapatkan Informasi Mengenai Memori Komputer (RAM) Dengan Visual Basic

Tulisan kali ini kita akan membahas mengenai teknik mendapatkan informasi jumlah memori RAM yang tersedia pada komputer Anda dengan menggunakan Visual Basic. Untuk keperluan ini pada Windows API sudah disediakan suatu fungsi yaitu GlobalMemoryStatus. Fungsi ini berguna untuk mendapatkan informasi mengenai jumlah memori RAM yang tersedia baik itu physical memory dan juga virtual memory. Fungsi GlobalMemoryStatus ini mempunyai sebuah parameter lpBuffer yang bertipe MEMORYSTATUS. Berikut ini adalah deklarasi fungsi GlobalMemoryStatus pada Visual Basic.
Public Declare Sub GlobalMemoryStatus Lib “kernel32″ Alias “GlobalMemoryStatus” (lpBuffer As MEMORYSTATUS)
Tipe MEMORYSTATUS adalah suatu struktur yang berisi informasi-informasi mengenai memori RAM komputer. Berikut ini adalah deklarasi dari tipe MEMORYSTATUS pada Visual Basic.
Public Type MEMORYSTATUS
dwLength As Long
dwMemoryLoad As Long
dwTotalPhys As Long
dwAvailPhys As Long
dwTotalPageFile As Long
dwAvailPageFile As Long
dwTotalVirtual As Long
dwAvailVirtual As Long
End Type
Kita lihat di atas bahwa anggota dari tipe MEMORYSTATUS diantaranya adalah:
1. dwLength, digunakan untuk menentukan ukuran dari tipe MEMORYSTATUS. Ini harus diisi sebelum Anda memanggil fungsi GlobalMemoryStatus.
2. dwMemoryLoad, digunakan untuk mendapatkan informasi utilisasi memori saat ini. Satuan dari dwMemoryLoad adalah dalam persen yang nilainya berkisar antara 0 sampai 100.
3. dwTotalPhys, digunakan untuk mengetahui jumlah total dari physical memory dalam satuan bytes.
4. dwAvailPhys, digunakan untuk mengetahui jumlah physical memory yang tersedia saat ini dalam satuan bytes.
5. dwTotalPageFile, digunakan untuk mengetahui jumlah total bytes yang dapat digunakan untuk untuk penyimpanan pada paging file.
6. dwAvailPageFile, digunakan untuk mengetahui jumlah bytes yang tersedia pada paging file.
7. dwTotalVirtual, digunakan untuk mengetahui total bytes yang terdapat pada virtual address space of the calling process.
8. dwAvailVirtual, digunakan untuk mengetahui jumlah bytes yang belum direservasi pada virtual address space of the calling process.
Supaya lebih jelas, penulis sudah membuat contoh aplikasi yang berguna untuk mendapatkan informasi-informasi di atas. Source code-nya bisa Anda download di akhir tulisan ini. Aplikasi tersebut penulis buat dengan Visual Basic 6.0. Secara garis besar program tersebut akan memanggil fungsi GlobalMemoryStatus dan supaya hasilnya terlihat secara real-time maka pemanggilannya dilakukan melalui kontrol Timer sehingga kita bisa memonitor perubahan nilai memori yang tersedia secara real-time

Video RAM
VRAM adalah memori komputer yang digunakan untuk menyimpan data gambar yang ditampilkan di monitor komputer, yang bertindak sebagai buffer antara CPU dan kartu grafis. Bila ada gambar yang akan ditampilkan pada layar, gambar yang pertama dibaca oleh prosesor dan kemudian ditulis dengan VRAM. Data tersebut kemudian diubah oleh RAM digital-ke-analog converter (RAMDAC) menjadi sinyal analog yang dikirim ke layar. seluruh proses yang terjadi begitu cepat yang tidak dapat ditangkap oleh penglihatan manusia. Tidak seperti kebanyakan sistem RAM, VRAM adalah chip dual-porting, yang berarti bahwa saat layar membaca dari VRAM untuk memperbarui gambar yang sedang ditampilkan, maka prosesor yang baru menulis gambar dengan VRAM; hal ini mencegah tampilan dari kerlip antara redrawing tampilan.

Laptop,Komputer Anda Bermasalah?
Segera Hubungi Kami :
Faid (Servis Surabaya)
Email : karunia_mandiri@yahoo.com
Telp : (031) 8705532
No Hp : 085655015212 / 08123120611 / 031 70742999
atau di lokasi ServisSurabaya
jln. Kedung Asem No 47 Rungkut Surabaya

3 comments:

www.nukangdesign.com said...

Mantapp Cak Infonya

Musafak said...

trimksih ilmunya gan. Sgt bermanfaat . sy by visa ngasih imbalance DOA sj smg ttp jaya usahanya Dan berkah hasilnya....
tengkyu...

LOVELYZ TRILOGY said...

kerenmin, makaish banyak sudah share disnin alat pemisah lcd

Post a Comment