Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Thursday, January 18, 2018

Teknik Merawat Proyektor Supaya Tetap Awet

Rental screen dan proyektor

LCD proyektor merupakan teknologi proyektor yang popular dan dapat menghasilkan gambar proyeksi dengan tampilan yang bagus, karena dibekali dengan teknologi RGB pada warnanya. Umumnya perangkat ini digunakan untuk presentasi, seminar, pelatihan, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Pemakai atau pemilik proyektor wajib memelihara dengan baik supaya selalu awet. Dalam perawatan LCD proyektor itu sendiri, bisa dikatakan sedikit susah bila kita tidak mengetahui ilmunya. Untuk itu, Anda perlu menyimak teknik merawat proyektor di bawah ini

Teknik Menghidupkan
Langkah awal dan aman menghidupkan LCD proyektor yaitu sebelum kabel power LCD disambungkan ke arus listrik atau saklar listrik, harus diperhatikan terlebih dahulu apakah kabel power dan kabel VGA/RGB sudah tersambung atau belum.
apabila kabel belum tersambung, sambungkan terlebih dahulu kabel power dan VGA/RGB nya, baru kabel power LCD. Dan untuk memulai menghidupkan LCD proyektor, lebih baik gunakan remote control untuk mempermudah dalam penggunaanya.

Teknik Penggunaan
Waktu untuk penggunaan LCD proyektor, harus memperhatikan dan mencegah hal-hal yang membuat umur proyektor itu sendiri berkurang.Ketika meletakkan LCD proyektor, jangan di dekat sumber panas atau seperti terkena sinar matahari langsung. Karena panas dari sinar matahari akan menambah suhu panas pada proyektor bertambah, dan bisa merusak komponen LCD proyektor.
Untuk menghindari hal tersebut, letakkan proyektor di tempat yang tidak terkena sumber panas. Sedangkan pada saat LCD proyektor beroperasi, hindari mengangkat dan memindahkan proyektor, karena bola lampu pada proyektor sangat sensitif dengan getaran.Akibat yang bisa terjadi bila Anda melakukannya yaitu lampu proyektor bisa putus tiba-tiba.Seperti yang telah banyak orang ketahui bahwa harga lampu proyektor di berbagai toko online cukup mahal.Jika itu terjadi, langsung cabut kabel power supaya tidak merusak motherboard LCD.Dan juga pada saat LCD proyektor beroperasi, perhatikan kipas proyektor tidak terhalang, sehingga sistem pembuangan udara panas bisa berjalan dengan baik.

Teknik Mematikan
Mematikan LCD proyektor baiknya menggunakan remote control untuk mematikannya, dan jangan langsung mencabut kabel power, karena itu akan merusak perangkat ini. Jika sudah menekan tombol power, tunggu sampai kipas pendingan sudah mati, dan kabel power bisa langsung dicabut.

Teknik Pemeliharaan
Dalam pemeliharaan sebaiknya pada saat penggunaan jangan dioperasikan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama.Gunakan LCD proyektor dengan waktu yang cukup.Namun apabila memang harus digunakan untuk waktu yang lama, istirahatkan sejenak perangkat ini untuk menghindari panasnya lampu proyektor. Dan untuk filter proyektor sendiri, bersihkan secara berkala minimal dua sampai tiga minggu sekali, untuk menghindari overheating karena terhalangnya debu pada kipas proyektor.

Teknik Penyimpanan
Cara yang terakhir yaitu menyimpan LCD proyektor pada tempat yang aman.Jangan terkena panas atau basah. Untuk penyimpanan LCD proyektor pada saat dibawa-bawa, lebih baik gunakan tas yang sudah dilengkapi dengan peredam goncangan atau getaran. Biasanya tas ini sudah termasuk ke dalam paket pembelian.

Itulah tips merawat proyektor agar tetap bertahan lama.
Namun bagi anda yang membutuhkan screen dan proyektor segera hubungi kami yah.

Alamat: Jalan Kedung Asem No. 47 Rungkut Surabaya
Kontak: 081259352888
Website: www.mastersewa.com

0 comments:

Post a Comment